Sabtu, 10 September 2011

Apa itu Linux ?

Linux adalah sebuah sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Sistem operasi Linux menggunakan sebuah kernel yang ditulis pertama kali oleh Linus Benedict Torvalds (biasa disebut Linus Torvalds saja). Kernel sendiri adalah bagian utama dari sebuah sistem operasi yang tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Sejarah Singkat
Linus Torvalds
Pada bulan April 1991, Linus Torvalds, yang berusia 21 tahun memulai pekerjaannya untuk memikirkan beberapa ide untuk sebuah sistem operasi. Ia pun memulai pekerjaannya dengan membuat sebuah task switcher dalam bahasa assembly untuk Intel 80386 dan sebuah driver terminal. Dan, pada tanggal 25 Agustus 1991, Linus menulis sebuah posting di dalam newsgroup comp.os.minix yaitu :

Hello everybody out there using minix
I'm doing a (free) operating system (just a hobby,
won't be big and professional like GNU)
for 386 (486) AT clones
Dan berawal dari posting tersebut, banyak orang menyumbang ide dan kode kepada proyek Linux. Hingga pada bulan September 1991, Linux versi 0.01 pun dirilis, dengan memiliki 10239 baris kode, yang kemudian diikuti dengan versi 0.02 pada bulan Oktober 1991. Pada bulan Desember 1991, Linux versi 0.11 dirilis.


Logo Linux (Tux)
Logo Linux (Tux) dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan itu lah Linus Torvalds di patok oleh sekor Pinguin dan demam selama berhari. Ia berfikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain Logo Linux yang baru, dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk


Penggunaan Linux
Perkembangan Linux selama 2 dekade ini boleh dibilang sangat pesat hal ini tak lain karena pengembangan linux dilakukan berbasis komunitas dan tidak tergantung pada sebuah perusahaan seperti halnya Windows. Dan tanpa kita sadari dalam keseharian kita telah menggunakan Linux. Di dunia internet, sebagian besar server-server web yang kita akses menggunakan sistem operasi berbasis Linux. Bahkan banyak perangkat di kehidupan kita sehari-hari, dijalankan menggunakan Linux, seperti handphone, kamera digital, konsol game dan lain-lain.




Penulis : M.Husnan Syarofie | email : email@husnan.com | Blog : fie.web.id, husnan.com

 Posted in :,

0 komentar:

Posting Komentar