Kamis, 25 Oktober 2012

Linuxmint 13 Maya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu turunan dari distro linux terkemuka yaitu Ubuntu. Nama distro ini adalah Linuxmint. Sampai sekarang, versi Linuxmint ini sudah mencapai versi yang ke 13 yang biasa disebut Maya. Kebetulan, saya sendiri sekarang memakai distro ini, namun saya memakai linuxmint yang versi ke 11 atau biasa disebut Katya.

Kembali ke Maya (Linuxmint 13), di versi yang paling baru ini, si developer memberikan berbagai banyak perubahan dari versi versi sebelumnya. Jika versi yang saya pakai sekarang masih mendukung fitur desktop GNOME 2, versi versi yang baru sekarang sudah memakai MATE. MATE ini bisa dibilang penerusnya GNOME 2 yang sudah diberhentikan pengembangannya. Beberapa keunggulan dari MATE ini adalah :
  • MATE memiliki ke-kompatibel-an  untuk banyak tipe komputer
  • MATE mempunyai fitur EUI (Easy User Interface)
  • Di dalam MATE ini terdapat fitur fitur yang bisa dikatakan lanjutan dari fitur yang dimiliki GNOME 2
  • MATE ini juga mengusung GTK2 yang mempunyai banyak pilihan tema dan menawarkan banyak aplikasi untuk digunakan
Perubahan yang vital di versi yang sekarang selain MATE adalah MDM. MDM adalah sebutan untuk Display Manager baru di versi Maya ini. MDM mengusung banyak sekali fitur yang sangat berguna bagi kita, seperti timed login, language selection, dan lain lain.

Berikut beberapa tampilan menggunakan MDM :
Tampilan pada saat login di Maya



Pilihan tema yang tersedia pada Maya


Dalam Maya ini, si developer menggandeng Yahoo! untuk menjadi search engine default di browsernya, hal ini dikarenakan Yahoo! merupakan search engine terbesar kedua setelah Google. Dalam versi kali ini, terdapat banyak sekali peningkatan kualitas display maupun kinerja dari OS itu sendiri. Dan sudah dikabarkan bahwa Si Maya ini sudah menggaet 2 Desktop interface yaitu XFCE dan KDE yang tentunya memiliki fitur fitur bagus lainnya.

Masih banyak fitur fitur yang belum terungkap di postingan saya kali ini, di akhir posting ini saya ingin memberi pendapat tentang distro yang baru saja kita bahas ini. Mengapa saya memilih linuxmint sebagai distro saya? Menurut saya, Linuxmint memiliki fitur fitur yang ada bedanya dari distro lain (tidak general). Selain itu, Linuxmint memiliki display dan UI yang sederhana namun elegan.

Untuk download bisa klik link berikut :

Linuxmint 13 Maya 32Bit (MATE)
Linuxmint 13 Maya 64Bit (MATE)
Linuxmint 13 Maya with KDE 32Bit
Linuxmint 13 Maya with KDE 64Bit
Linuxmint 13 Maya with XFCE 32Bit
Linuxmint 13 Maya with XFCE 64Bit

Untuk instalasinya pun mudah, sama dengan menginstall distro ubuntu yang sudah dibahas di postingan sebelumnya.Info lengkap silahkan kunjungi Web Linuxmint

 Posted in :, , ,

0 komentar:

Posting Komentar